Kamis, 04 November 2010

Asal Mula Kata dan Arti Tsunami


Negeri kita indonesia sudah beberapa kali terkena tsunami. namun dari manakah asal mula kata tsunami  ?  Kata tsunami merupakan istilah dari bahasa jepang yang menyatakan suatu gelombang laut akibat adanya pergerakan atau pergeseran di bumi di dasar laut. Gempa ini diikuti oleh perubahan permukaan laut yang mengakibatkan timbulnya penjalaran gelombang air laut secara serentak tersebar ke seluruh penjuru mata angin. Sedangkan pengertian gempa adalah pergeseran lapisan tanah di bawah permukaan bumi. Ketika terjadi pergeseran tersebut timbul getaran yang disebut gelombang seismik dari pusat gempa menjalar ke segala penjuru.

Tinggi gelombang tsunami disumbernya kurang dari 1 meter. Tapi pada saat menghempas ke pantai tinggi gelombang ini bisa lebih dari 5 meter. Tsunami yang terjadi di Indonesia berkisar antara 1,5-4,5 skala Imamura, dengan tinggi gelombang Tsunami maksimum yang mencapai pantai berkisar antara 4-24 meter dan jangkauan gelombang ke daratan berkisar antara 50-200 meter dari garis pantai.

Arti dari Tsunami
Para ilmuwan  umumnya mengartikan tsunami dengan “gelombang pasang” (tidal wave) atau dikenal juga dengan sebutan “seismic sea waves” (gelombang laut karena gempa). Kedua sebutan tersebut benar, akan tetapi jika dilihat dari asal bahasanya,bahasa jepang, ”tsunami” mempunyai dua suku kata, ”tsu” ,artinya ”pelabuhan” (harbor), ”nami” berarti “gelombang”.

Gempa merupakan salah satu penyebab utama terjadinya gelombang tsunami. Gempa ini biasanya terjadi karena adanya pergeseran lempeng yang terdapat di dasar laut. Gempa tersebut disebut juga dengan gempa bumi. Selain itu, penyebab lainnya adalah meletusnya gunung berapi yang menyebabkan pergerakan air di laut/perairan sekitarnya menjadi sangat tinggi.

Sejak 1990 di indonesia sedikitnya terjadi 16 kali gelombang Tsunami. Pada 19 Agustus 1997 terjadi di sumba dengan korban 189 orang, 12 desember 1992 di flores dengan korban 2.100 orang dan 1994 di Banyuwangi dengan korban 209 orang,26 Desember 2004 di Aceh dengan korban 3700 orang  dan di Mentawai pada 28 Oktober 2010 dengan korban ribuan orang. sepanjang sejarah gempa tsunami terbesar adalah pada tahun1883 yang ditimbulkan meletusnya gunung krakatau dengan korban jiwa 36.000 orang meninggal.

(Saya mendapatkan referensi/ide dari http://id.wikipedia.org)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar