Selasa, 02 November 2010

tugas softskill oktober 2010


studentsite.gunadarma.ac.id
adalah sebuah site yang digunakan oleh seluruh siswa di gunadarma untuk melihat informasi2 tentang  kegiatan perkuliahan dan mengupload tulisan/tugas  yang diberikan oleh dosen.
Pada awal halaman saat kita membuka site ini kita harus login terlebih dahulu menggunakan akun yang sudah diverifikasi lalu akan muncul beberapa menu seperti:
Locker                        : Memuat informasi dan kalender akademik untuk Mahasiswa yang diberikan oleh BAAK. Kelebihannya adalah informasi dapat dikemas secara praktis dan dapat diakses di manapun dan kapanpun. Kekurangannya adalah tampilan halaman kurang menarik. Seharusnya untuk informasi, tampilan harus dikemas semenarik mungkin agar pengguna tidak merasa bosan.
E-mail                         :Fasilitas untuk mengirim surat elektronik dan menerimanya, serta mengatur segala fitur di dalamnya. Kelebihannya adalah memudahkan mahasiswa untuk bertransaksi pendidikan kepada dosen, tanpa harus menggunakan layanan yahooMail.
Calendar        : Fasilitas yang di dalamnya terdapat hari, tanggal, bulan dan tahun. Kelebihannya adalah memudahkan mahasiswa untuk membuat jadwal kegiatannya. Kekurangannya adalah masih dijumpai fitur yang eror.
Addressbook  : Fasilitas untuk mengetahui alamat buku. Kelebihannya adalah memudahkan mahasiswa untuk menemukan buku yang dibutuhkannya. Kekurangannya adalah penggunaan fitur didalamya masih membingungkan.
InfoLog                        : Fasilitas untuk mengetahui nomor telpon mahasiswa. Kekurangannya adalah penggunaan fitur masih terasa membingungkan.
File Manager
    Menu yang berguna untuk menyimpan data yang diupload oleh user
Forum                          : Fasilitas untuk bertukar pikiran maupun melakukan aktivitas obrolan langsung melalui live chat. Kelebihannya adalah memudahkan mahasiswa untuk bertanya langsung kepada orang terdekat.
    terdapat banyak forum-forum yang berisi tentang obrolan yang sangat bermanfaat. Misalnya: Forum All About
    UG, Forum Karir & Alumni, Forum ALL About Academic, dan lain sebagainya
 Bookmarks                  : Menu yang berguna untuk mencatat dan menandai sebuah site. Terdapat 4 menu didalamnya:
    - Tree View
       Berguna untuk merubah tampilan bookmark (bercabang)
    - List
       Berguna untuk memperlihatkan bookmark dari atas kebawah
    - New
       Berguna untuk menambahkan bookmark
    - Search
       Berguna untuk mencari bookmark yang sudah disimpan
Polls                              : Merupakan alat vote untuk memilih kecenderungan kesukaan mahasiswa terhadap fasilitas-fasilitas yang ada pada studentsite, seperti locker, calendar, forum.
Logout                          : Fasilitas untuk keluar dari account studentsite. Kelebihannya adalah simbol x umumnya merupakan tanda keluar. Dan memudahkan pengguna tanpa mencari-carinya lagi.
Help                               : Menu yang berguna untuk mendapatkan pertolongan jika ada kesulitan dalam menggunakan studentsite
Menu Layanan Studentsite
1.      LECTURER MESSAGE : Fasilitas dosen untuk memberikan berbagai tugas untuk mahasiswa.
2.      HOME: Memuat informasi dan kalender akademik untuk Mahasiswa yang diberikan oleh BAAK. Kelebihannya adalah informasi dapat dikemas secara praktis dan dapat diakses di manapun dan kapanpun. Kekurangannya adalah tampilan halaman kurang menarik. Seharusnya untuk informasi, tampilan harus dikemas semenarik mungkin agar pengguna tidak merasa bosan. 
3.      BAAK NEWS : Memuat informasi yang diberikan oleh BAAK. Kelebihannya adalah informasi dapat dikemas secara praktis dan dapat diakses di manapun dan kapanpun. Kekurangannya adalah tampilan halaman kurang menarik. Seharusnya untuk informasi, tampilan harus dikemas semenarik mungkin agar pengguna tidak merasa bosan. 
4.      RANGKUMAN NILAI : Berisi Daftar Nilai Mahasiswa, yang berfungsi sebagai raport.
5.      JADWAL KULIAH : Berisi Informasi tentang hari, mata kuliah, dosen pengajar, waktu dan ruangan. Semua dikemas dalam jadwal kuliah.
6.      JADWAL UJIAN : Berisi Informasi jadwal ujian. Formatnya sama halnya dengan jadwal kuliah.
7.      SURAT KETERANGAN : Berisi formulir permohonan surat keterangan, yang nantinya bisa diajukan mahasiswa ke pihak kampus.
8.      TULISAN (UG PORTOFOLIO) : Berisi tabel yang di dalamnya tulisan-tulisan yang dibuat mahasiswa dikemas dalam bentuk URL.
9.      TUGAS (UG PORTOFOLIO) : Fasilitas untuk upload tugas yang harus dilakukan oleh Mahasiswa.
10.  PENDAFTARAN LOMBA BLOG : Layanan untuk mengikuti perlombaan blog setiap minggunya.
Itulah menu-menu yang terdapat distudentsite. Lalu adapun kekurangan dan kelebihan dari site ini. Yaitu:
Kelebihan:
- Sangat berguna bagi mahasiswa sebagai sarana yang memudahkan
- Memudahkan penyampaian tugas dari dosen dan pengiriman tugas yang ditentukan dosen
Kekurangan:
- Bentuk halamannya masih kaku
- Masih ada beberapa menu yang sering eror
Materi Penulisan: http://studentsite.gunadarma.ac.id
Demikianlah tentang apa yang saya ketahui tentang studentsite yang merupakan tugas softskill. Bila ada kekurangan mohon dimaafkan. pesan dan komentarnya saya harapkan.terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar