Kamis, 04 November 2010

Perbedaan Antara Kebutuhan dan Keinginan


Saya sering melihat dan mendengar banyak orang mengeluh bahwa banyak kebutuhannya yang tidak terpenuhi, tetapi banyak juga orang  yang membangun rumah dengan harga miliaran. Bagi mereka yang kekurangan, memenuhi kebutuhan pokok saja merupakan hal yang sulit, apalagi memenuhi keinginan. Namun tidak demikian bagi yang berpunya, karena semua kebutuhannya sudah terpenuhi, mereka akan terdorong untuk selalu memenuhi keinginan.

Jadi, berbedakah kebutuhan dengan keinginan?

Kebutuhan merupakan sesuatu hal yang harus dipenuhi. Bila tidak dipenuhi akan berpengaruh langsung terhadap kebutuhan individu. Contoh, bila kita sedang lapar(bukan karena berpuasa) kita butuh makanan untuk dimakan. Jika tidak perut kita bisa saja sakit. Jadi makan merupakan kebutuhan. Akan tetapi, jika kita sudah kenyang dan ingin makan dan makan lagi, hal ini disebut keinginan.

Keinginan lebih kepada sesuatu yang melebih kebutuhan. Misalnya bila kita sudah memiliki banyak pakaian, namun ingin membeli pakaian lagi, hal ini tidak lagi disebut kebutuhan, tetapi merupakan keinginan. Jadi sebenarnya kebutuhan bersifat terbatas, sedangkan keinginan tidak terbatas. Namun sayangnya tidak banyak orang  yang memahami sehingga berperilaku salah dalam memenuhi kebutuhan/keinginan sehingga melahirkan perilaku boros.

Untuk itu marilah kita penuhi kebutuhan dan batasi keinginan kita yang tidak akan ada habisnya bila kita selalu mengikutinya.

(saya mendapatkan referensi/ide dari  Yudhistira )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar